-->

Workshop Digital Marketing

Andrea Hirata, Sastrawan Tiba-tiba dan Melesat setelah menemukan Potensinya

Bagi sebagian besar penikmat buku-buku sastra di awal tahun 2000-an mungkin tak banyak tahu bahkan tak mengenal Andrea Hirata. Tiba-tiba saja sebuah Buku Dahsyat hadir menyentak belantika sastra Indonesia dengan gaya penulisan yang fun, sainstifik, magis dan menyentuh yang membuat para pembacanya tertawa dan tersenyum sendiri bahkan kadang menitikkan air mata saat membacanya.

Ya fenomena itu adalah Buku Laskar Pelangi yang terbit dari seorang penulis tak terkenal, pada waktu itu Andrea Hirata seorang karyawan PT Telkom di Bandung, Andrea Hirata namanya. Tidak pernah nulis buku atau ulasan di media atau internet tiba-tiba menjadi Sastrawan dengan gaya bahasa khas Melayu yang mendayu-dayu menikmati pahitnya kehidupan dalam kemiskinan pada waktu kecil.

Nggak cuma satu Novel tapi langsung Tetralogi Laskar Pelangi yaitu Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Gila kan nih Andrea Hirata....baru muncul langsung ngetop best seller dan langsung 4 Novel. Makanya tanpa ragu-ragu kami menyebutnya Sastrawan Tiba-tiba dalam perspekti positif.

Biasanya bakat seseorang tertutupi oleh mimpi-mimpi orang tua atau teman-teman yang diikuti karena lingkungan tersebut sangat sulit dihindari. Orang tua inginnya kita kuliah di bidang yang cepat menghasilkan bang, bukan bidang yang kita sukai, apalagi teman-teman yang siap mem-bully jika kita ambil jurusan yang anti mainstream misalnya jurusan Sastra dan Bahasa di SMA atau Ilmu Perpustakaan di Universitas. Pokoknya kalau nggak Ilmu Eksak nggak keren dan susah cari kerja. Itulah pola pikir yang harus dirubah. Jiak ingin sukses dan bahagia maka dalami dan pelajari yang kita suka.

Andrea Hirata sebenarnya juga korban keadaan di atas. Kuliah di Fakultas Ekonomi di UI, kemudian kuliah tentang Ekonomi juga di Sorbone University di Paris dan akhirnya malah sekarang keluar dari PT Telkom dan full time jadi sastrawan. 

Pelajaran yang bisa diambil adalah ketika passion menulis dan mengekpresikan masa lalu yang getir bisa mendorong orang untuk menjadi penulis yang handal karena dia tak perlu meraba-raba jalan cerita, hanya bercerita saja atau sederhananya adalah menuliskan apa yang dia rasakan ketika masa kecilnya saat bahagia, sedih, miskin, pintar, nakal, bermimpi ke Eropa dan perjuangan-perjuangannya yang tak kenal kenal untuk menggapainya. Itulah Andrea HIrata.

Mungkin ada dari teman-teman yang mempunyai bakat terpendam yang akan menuliskan story of your life, why not? Just write it down, Tuhan akan Memeluk Mimpi-mimpimu. 


  

0 Response to "Andrea Hirata, Sastrawan Tiba-tiba dan Melesat setelah menemukan Potensinya"

Preview Sikit laaah

Komunikasi Politisi yang Berdampak, seperti baliho-baliho ini tapi...

  Top Funnel = Reputasi/Inspirasi/Ambil Hati 90%. Middle Funnel = How To/Edukasi/Evaluasi 60% Bottom Funnel = Closing/Konversi 20%  Increase...

Iklan Tengah Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan apa ini....