-->

Workshop Digital Marketing

Bisnis Online mulai Menggelegar.



Kebiasaan orang-orang Indonesia dalam bertransasksi lewat internet meningkat pesat. Banyak hal yang memacu terjadinya peningkatan transaksi tersebut. Beberapa di antaranya adalah trust building dan internet speed. Tingkat kepercayaan orang-orang Indonesia untu bertransaksi onlin saat ini sedang naik signifikan.


Pola mendapatkan informasi produk lewat online dan transaksi sampai dengan pembayaran dan pengiriman barang juga mulai lancar dan tanpa kendala. Artinya kepercayaan konsumen terhadap bisnis online meningkat dan makin banyak orang berjualan dan membeli secara online. Cara pembayaran yang dulu mungkin memakai kartu kredir sekarang banyak pilihan dari transfer, paypal bahkan Cash On Delivery., bahkan beberapa sudah memulai mempunya online currency semacama paypal lokal seperty Kaspay dan yang diterbitkan oleh Bank-bank dalam negeri.

Hal lain yang memicu pertumbuhan bisnis online adalah internet speed yang semakin baik walaupun masih agak mahal. Saat in beberapa operator data internet baik telco atau khusus jualan data seperti Bolt dan Telkom mempunyai pilihan kecepatan data sampai dengan 50 mpbs yang lumayan kencang untuk browsing di komputer, tablet atau handphone. Ini juga mendongkrak transaksi karena loading time yang pendek hany sekitar 1 sampai 5 detik dalam membuka sebuah web baik di komputer atau di handphone. Kekurangan dari internet speed yang makin baik adalah masih mahalnya harga data yang ditawarkan pada kecepatan tinggi.

Ada sebab lain yag menyebabkan tumbuhnya transaksi bisnis online yaitu makin banyaknya Online Shop, Mall Online dan Market Place. Online Shop seperti lazada.com, zalora.com, saqina.com dll sangat mendonkrak tingginya transaksi online, juga dalam 3 tahun terakhi marketplace bermuncullan seperti bukalapak.com, tokopedia, elevania.com dll. Dan pemain retail terbesar di Indonesia pun akhirnya turun gunung dan membangun mall online terbesar di Indonesia yaitu MatahariMall.com. Strateginya adalah mengintegrasikan layanan Onlne dengan Offline ratusan toko-toko mereka di mall-mall seluruh Indonesia.

Ada data yang menarik bahwa separuh dari transaksi bisnis online tersebuat malah hanya menggunakan social media (facebook dan instagram) dan aplikasi handpone seperti bbm dan whatapps. Hal ini dikarenakan online shop benar-benar telah merubah pola belanja sebagian grosir dan reseller ke customer. Grosir dan reseller sudah klop ber-online ria dan menyusul reseller dan buyers pun sekarang juga asyik ber-online-online.

Diprediksi tahun 2020 akan menjadi puncak keemasan zaman bisnis online di Indonesia, artinya dalam 5 tahun ke depan Bisnis Online di Indonesia akan memasuki masa mature sepert di Amerika Serikat, Erops, Jepang dan Korea. Siap? 

0 Response to "Bisnis Online mulai Menggelegar."

Preview Sikit laaah

Komunikasi Politisi yang Berdampak, seperti baliho-baliho ini tapi...

  Top Funnel = Reputasi/Inspirasi/Ambil Hati 90%. Middle Funnel = How To/Edukasi/Evaluasi 60% Bottom Funnel = Closing/Konversi 20%  Increase...

Iklan Tengah Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan apa ini....