-->

Workshop Digital Marketing

Tahukah Anda bahwa Kelas 4 SD saya belum bisa baca?


Ini kisah nyata bahwa saya belum bisa membaca pada kelas 4 SD. Sebabnya saya baru tahu ketika saya kuliah yaitu karena minat baca belum timbul, yang muncul adalah keinginan yang berhubungan dengan toys dan crafts. Pokoknya segala sesuatu yang hubungannya dengan mainan dan sedikit seni suara, sebelum sekolah saya sudah mengenal lagu Scorpions, Always Somewhere yang saya tiru nyanyikan setelah jam 8 malam seusai bersama Bapak dan adik-adik mendengarkan siaran Radio BBC seksi Bahasa Indonesia. Bapak saya adalah fans berat BBC dan RRI makanya no wonder aku dikasih nama Ananto Pratikno, nama penyiar RRI yang sangat terkenal pada tahun 1970-1980an.

Ternyata bakatku dari kecil adalah Bahasa Inggris dan ini tidak bisa didiagnosa oleh guru-guru di SD saya. Ya iyalah orang waktu itu tahun 1978 mana ada sekolah kampung yang mengajarkan Bahasa Inggris. TK saja tak ada. Makanya nggak heran kalau kelas 4 SD saya belum bisa membaca tapi bisa hafal beberapa lagu-lagu Barat seperti Radio Ga Ga-nya Queen (Freddy Mercury), Always Somewhere-nya Scorpions, Perjalanan Ini-nya Ebiet G Ade, sampai lagu-lagu lengendaris Bang Oma…oops yang 2 terakhir mah lagu bahasa Indonesia atuh kang, kumaha iye?

Kembali ke Soal Membaca. Akhirnya minat baca tumbuh pada catur wulan ke tiga kelas 4 dimana saya harus bisa membaca atau tidak naik kelas. Terpacu untuk naik ke kelas lima dalam waktu 1minggu aku didampingi Bapak belajar membaca dan Alhamdulillah satu masalah dalam kehidupanku terselesaikan. Dan tak lama kemudian buku-buku komik, Ko Ping Ho, Wiro Sableng dan Peta Dunia menjadi bacaan wajib, tapi kog bukan buku pelajaran ya…hehehe tetap aja bandel kagak mau baca buku sekolah. Buku-buku sekolah nggak asyik, nggak enak buat dibaca, nggak ada jalan cerita.

Dan akhir happy ending, dari ranking 3 dari bawah pada kelas 4 menjadi ranking 3 dari atas pada lulus SD. Lho koq nggak konsisten, tadi pernah nyinggung nggak suka ranking sekarang malah bangga dengan ranking? Ini kan bukan kata saya, ini kata Bapakku. Gitu aja kog repot, hehehe.

Wassalam,
Ananto yang waktu katanya SD bodoh sekali….

0 Response to "Tahukah Anda bahwa Kelas 4 SD saya belum bisa baca?"

Preview Sikit laaah

Komunikasi Politisi yang Berdampak, seperti baliho-baliho ini tapi...

  Top Funnel = Reputasi/Inspirasi/Ambil Hati 90%. Middle Funnel = How To/Edukasi/Evaluasi 60% Bottom Funnel = Closing/Konversi 20%  Increase...

Iklan Tengah Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan apa ini....